Tuesday, July 31, 2007

Bala-bala










Entah deh apa bedanya bala-bala sama bakwan, yg jelas beberapa minggu terakhir ini saya lagi keranjingan bala-bala abang-abang di Jl Mawar Bogor. Enak bala-balanya, garing, tapi empuk dan gurih (ternyata yg depan TK Pertiwi juga ada yg enak hehehe), harganya juga bersaing, 100 dapet 3 plus bonus 1-2 biji. Cuma suami suka protes, gak bagus buat bumil katanya, terutama minyaknya. Hiks. Padahal ternyata Auliya juga doyan, dibanding tahu, dia lebih doyan bala-bala.

Memperhatikan keberatan suami, jadinya saya searching deh di blog-blog favorit saya di MP, dan nemu salah satu resep bala-balanya Bu Syamil. Cuma beliau menggunakan tuna, sedangkan saya pakai udang. Yang membedakan lainnya adalah penggunaan bombay (karena si tukang sayur lupa ngasih bombaynya) saya ganti brambang bawang 6 butir, garlic powder saya ganti garlic beneran 2 butir. Ukurannya saya kurangi 1/2 cup untuk masing-masing tepung (dan saya diketawain uwanya Auliya karena pakai tepung sagu - eh tepung sagu sama tapioka itu identik kan?). Airnya saya gunakan air dingin.

Well... setelah jadi, entah kenapa kok gak jadi mirip punya abang-abang itu ya? Bentuknya halus, gak karadak (grajulan) kaya punya abang-abang. Hiks.

Saran dari Mbak Dewi :
aku demen banget sama bala-bala atau bakwan atau apalah namanya hehehehehe...aku udah berhasil bikin yang grajulan...biasanya aku pake sayuran doang, seperti wortel, taoge, kol diiris halus, daun bawang dan sledri. Bumbunya bawang putih dan merah dihalusin plus garam. Trus campur sama terigu dan air nggak pake telur, digoreng jadi kering kriuk nyuuussss...hehehehehehe.....kadang iseng ditambahin jagung manis, labu yang diserut, pokoknya segala macem dicemplungin. Hampir tiap minggu kami bikin ini, soalnya udah males makan gorengan di luar, tenggorokan suka sakit, jadi mending bikin sendiri :-)
Aku nggak pernah pake tepung sagu tuh mbak Laksmi. Emang lebih baik jangan kebanyakan terigu. Jadi caranya sayuran diaduk rata sama bumbunya baru terigu dimasukin dikit-dikit sambil air juga dimasukin, adonan jadinya seperti sayuran berbalut tepung gitu deh...trus baru digoreng. Pasti jadinya gronjalan hehehehehe...duh jadi pengen bakwan euyyyy...telp asisten di rumah ah hihihihihihi




No comments: