Thursday, August 30, 2007

Soft Bread

Hasil percobaan kedua bikin soft bread dg resep roti empuknya Bu Fat NCC. Yang pertama bener kata Bu Fat, sepertinya not well done, jadinya masih pucat. Yang ini alhamdulillah lebih oke, dg bentuk yg nyontek dari buku John Dean...

Ini adalah percobaan bikin roti empuk ala Bu Fat NCC versi kedua. Skali ini menerapkan sarannya Mbak Dewi Jo, mempraktekan seni membentuk roti dari buku John Dean, dan tidak membuat roti sobek lagi, karena suami & ibu minta saya bikin yg satuan ajah! hihi. Panggangan pertama saya timbang 50gram, jadinya buesar! Panggangan kedua saya timbang setengahnya, jadinya lebih oke. Laen kali saya mau pakai 10graman ah, bikin roti unyil gitu. Isinya sih masih sama, kecuali tambahan pisang keju coklat, dan tambahan choco chips & parutan keju di atas roti. Tips tambahan, setelah roti mengembang, cepat pindahkakn dari shaft kedua ke shaft teratas, biar rotinya coklat manis tapi bawahnya gag gosong. Otangnya udah dipanasin dari mulai saya membuat adonan.

Ini resep Bu Fat nya :
Roti Empuk / SOFT BREAD

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr gula
100 gr mentega
11 gr ragi instant
½ sdt bread improver
4 btr kuning telor
300 ml air es
½ sdt garam

Cara membuat:
- campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata
- masukkan air 200ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata.
- Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
- Adonan siap dibentuk-bentuk.
- Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali, lalu oven hingga matang.

Catatan: sisa air 100ml buat jaga-jaga aja klo adonan kurang lembek tambahkan sedikit demi sedikit.

Untuk softbread yg pertama, gini ceritanya :
Entah ini bawaan orok, atau sekedar keinginan yg begitu kuat.
Malam tadi saya membuat roti! Yups, malam2 bikin roti, mamah geleng-geleng, suami dg baik hati menjaga Auliya dari "serba pegang"nya. Semuanya berawal dari posting Bu Fat di NCC, pertama foto soft bread, kedua resepnya. Yups, walaupun sudah membeli buku Soft Breadnya John Dean yg isinya resep dan langkah bikin roti yg menggiurkan, tapi resepnya Bu Fat ini seems easier to be done.
Begitu sampai Terminal Bis Bogor, saya minta suami untuk mengantar saya ke Ngesti.Saya gak nemu yg namanya bread improver, tapi nemu Big One Bread Softener (kekekek). Yah saya ambil aja, kali sama kali. Terus saya beli juga Ovex, biar rotinya mengkilap getoh.
Karena ini pengalaman bikin roti yg kedua, jadi lebih pede, apalagi bekelnya resep Bu Fat, mosok gagal sih?
Weeeeell... Buat punya buat, akhirnya jadi. Cuma ya itu, niatnya mau bikin roti sobek, tapi jadinya aneh gitu deh (lupa naro print-an roti sobeknya Mbak Nining). Sisanya saya bikin roti satuan, tapi walaupun sudah berusaha "mendekor" jadinya tetep jelek. Emang gak ngikutin langkah-langkah yg ada di buku John Dean sih, ngarang sendiri.
Isian roti sobeknya 4 macem jadi ada 4 lajur, keju, coklat, kornet sambal(saya pake pronas) dan abon mayonaise (seketemunya di Ngesti). Tadinya masih mau beli sosis dan daging asap, tapi ternyata di Ngesti gak ada ukuran kecil. Oya, di Ngesti ada custard dll juga ternyata, mayan lengkap lah kalo buat bikin donat/roti dan cake gitu.
Yg satuan saya isi sisa isian, ada keju coklat, kornet keju mayonaise, dan abon mayonaise (cuma tinggal jadi 4 biji).
Dengan resepnya Bu Fat, saya gak kewalahan ngolahnya, gak kaya yg pertama, jadinya berpuluh roti dan pusing karena udah pada ngembang padahal blm bisa masuk oven. Kekekek...
Keselnya, tu roti gak bisa berwarna coklat! Padahal udah mateng, malah bawahnya ada yg udah keras.
Roti ini sampe pagi hari ini masih wuempuk lho, soft... soft... soft...

No comments: