Tuesday, April 24, 2007

Bolu Gulung Istimewa


Resepnya dari Resto Mariena, tapi dimodif sendiri, setjara telornya itu lho, buanyak banget!
Resepnya jadi :

Bahan :
50gr tepung terigu self raising
35gr gula pasir
75gr margarin
3 butir telur ayam ukuran sedang
mayones
abon sapi pedas
1 batang daun bawang
1 batang seledri
1 sdt SP


Cara Membuat :
1. Kocok telur, gula dan SP sampai mengembang.
2. Masukkan ayakan terigu, mixer dengan kecepatan paling rendah, setelah tercampur baru masukkan margarin. Kali ini saya coba margarinnya gak ditim dulu, alias tetep berbentuk bongkahan.
3. Masukkan irisan daun bawang dan seledri, campur rata
4. Gunakan loyang 20x20, lapisi dengan kertas roti (kalau saya tetep dioles mentega lagi), dan tuang adonan sampai rata permukaannya.
5. Oven 180 C selama kurang lebih 15-20 menit (kalau saya pake otang Hock, jadinya begitu mau ngocok telor, otangnya udah dipanasin, gak dikasih air di bawah loyang seperti sebelumnya, ngikutin saran Mbak Nita, ahli kue keluarga Sda hihihi, katanya kalo baru masuk, taro di agak bawah, udah agak mateng tinggal pindah ke atas buat matengin atasnya. Oya, tutup di atasnya dibuka dikit, diganjel sama spatula)
6. Sebelum diangkat, pastikan sudah matang, biasa, dg tusuk gigi. Kalo udah gak ada bahan yg ngikut, berarti udah matang.
7. Balikkan bolu di atas kertas roti, kalo saya langsung aja dipoles mayones, setebel yg saya suka, terus dikasih abon (saya pake abon indomaret aja yg murah hihihi). Baru deh digulung, terus dipampatkan dengan arah gulungan terakhir ada di atas, menggunakan penggaris panjang ato loyang kuenya (abisan gak punya tu alatnya)
8. Dinginkan selama 30 menit, baru potong-potong.

No comments: