Wednesday, November 14, 2007

Sponge Cake Coklat - Dedicated to My Mom








Semalam setelah muntah-muntah, my mom gak mau makan, tapi katanya kalo makanan ringan kaya prol tape yg sebelumnya saya buat sih mau. Lah prolnya udah mau abis. Jadi saya tawarin, mau yg laen kali? Eh, mintanya sponge coklat. Ya udah deh, dibelain bikin sponge cake coklat deh, padahal udah jam 10 malem lho.
Resepnya dari MPnya Mbak Ida (alooow Mbak Ida, janjiku kupenuhi nih, aku bikin sponge cakenya heheeh). Terigunya pake kunci biru (sempet ngintip buku NCC yg baru dateng - Mbak Yeni... tengkyu, bukunya dah dateng lho kemaren malem). Cuma yg gak ada panduannya di resep Mbak Ida adalah sberapa penuh tu loyang kudu diisi, jadinya malah saya isi hampir penuh, itu pun masih nyisa adonannya. Setelah ngisi loyang itu baru mikir, jangan-jangan kepenuhan? Ah PD aje. Sisanya saya masukin ke loyang segiempat kecil, dan cuma terisi setengahnya.
Manggannya pake otang, yg bulet di tengah, yg segiempat di bawah. Nah yg di bawah udah jadi duluan, dan mengembang sampe sepenuh loyang! Gubrags, pastinya yg bulet itu mbleber lah ya? Ah, biar aja dulu. Saya degdegan juga ngeluarinnya, takutnya susah, ternyata nggak! Tinggal pake pisau scrapper (apa sih namanya piso yg buat moles kue itu lho?) di pinggir-pinggirnya (pernah baca tipsnya di web NCC juga kalo gak salah) terus dibalik, keluar deh tu cake. BERHASIL! Rasanya empyuk, enyak...

Nah tinggal yg mbulet nih... duh aduh pas dikeluarin udah kaya gunung meletus, mbeleber, dan ternyata bagian atasnya yg kering itu masih goyang, gak padet sama bagian bawahnya!!! Gubrags! Buru-buru ambil piso, tak potong atasnya yg kelebihan itu, sampe tersisa agak banyak di bawahnya. Terus saya masukin lagi ke oven dan apinya saya besarkan posisi di rak pertama. Setelah kira-kira 15 menit, mulai manteb deh tu kuenya, dan dengan proses yg sama kuenya keluar dengan selamat... Enyak juga... walaupun pas masih ngepul pinggirannya masih rodo kering gitu. Setelah agak lama di suhu ruang, jadi empuk juga, gak ada bagian yg kerasnya lagi.
Alhamdulillah, kuenya bisa dimakan mamah dan blio doyan. Semoga aja dg makan kue ini mamah cepet pulih. Jam sudah menunjukkan jam 1 pagi ketika smua kehebohan itu selesai.
Selama proses pembuatan sampai kue masuk oven, si kecil Auliya ikut nungguin, gak mau disuruh bobo. Bolak balik nanya ini itu, "Ma, mau bikin kue ya?" "Ma, kok belom jadi sih kuenya?" "Mah, aku mau dong itu kuenya" (padahal masih berupa adonan!) dan dia juga pingin bantu mixerin adonan, ampuuun dah. Karena bolak balik nanya kok kuenya blm jadi, jadi saya bilang, "Udah, Auliya bobo aja dulu, ntar bangun-bangun pasti kuenya udah jadi deh..." (dia doyan banget yg namanya coklat! hehehe). Sementara kakaknya ribut-ribut, calon dedenya di perut juga ikutan heboh setiap kali mixer dinyalain... yuuuu

Laa ba'sya thohiroon insyaalloh...

2 comments:

Unknown said...

wah spongenya kelihatan moist ya. yummy!

long time no see said...

hehehe jadi malu...